Thursday, December 3, 2009

SUDAHKAH DIRIMU SELAMAT DARI SIFAT SOMBONG? [2-End]

SUDAHKAH DIRIMU SELAMAT DARI SIFAT SOMBONG? [2-End]


4. Diberi minuman berupa nanah penghuni neraka. Dari Abu Syu’aib radhiallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alahi wasallam bersabda: “Orang yang sombong di hari kiamat akan dikumpulkan semisal semut merah kecil dalam bentuk orang laki-laki, lalu semut kecil itu mengerumuni mereka di setiap tempat, lalu mereka digiring ke penjara yang ada di neraka jahannam yang diberi nama bulas, lalu api yang menyala-nyala itu membakar mereka, dan orang-orang yang sombong diberi minum dari nanah penghuni neraka”. (HR. Tirmidzi dihasankan oleh al-Albaniy dalam Shohihut Tarhiib: 3/ 3588).

5. Mendapatkan murka Alloh ta’ala. Dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang menganggap besar dirinya dan bersikap sombong ketika berjalan, ia akan menemui Alloh dalam keadaan Alloh amat marah kepanya”. (HR. Hakim dan perowinya dapat dipercaya).

6. Mereka perusak diri dan umat. Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda: “Kekikiran yang dipatuhi, hawa nafsu yang dituruti, dan seorang yang membanggakan dirinya sendiri”. (Mu’jam Aushoth ath-Thobroni: 5/328 dihasankan oleh al-Albaniy dalam Silsilah ash-Shahiihah: 4/ 412).

7. Mungkin saja dihukum di dunia.



Salamah bin Akwa’ berkata: “Ada seorang laki-laki makan dengan tangan kiri, Rasulullah berkata: ‘Makanlah dengan tangan kananmu’. Lalu dia berkata: ‘Saya tidak bisa’. Lalu beliau shallallahu ‘alahi wasallam bertanya: ‘kamu tidak bisa? (padahal dia mampu) Tidalah engkau enggan makan dengan tangan kanan melainkan karena sombong’. Lalu orang itu tidak bisa mengangkat tangannya ke mulutnya. (HR. Muslim: 6/ 109).

8. Alloh ta’ala tidak mengajaknya bicara dan tidak melihatnya. Dari Abu Hurairoh radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam bersabda: “Ada tiga orang, Alloh tidak mengajak bicara kepada mereka pada hari kiamat dan Alloh tidak membersihkan dosa mereka, dan tidak melihat mereka dan bagi mereka siksa yang pedih, yaitu orang tua yang berzina, raja pendusta, dan orang miskin yang sombong”. (HR. Muslim 1/ 368).

No comments: