Sabtu, 16 Oktober 2010

PERINTAH MENGAJARKAN ILMU KEPADA MANUSIA DAN MENGAJAK MEREKA KEPADA KEBAIKAN

Wasiat 13:
PERINTAH MENGAJARKAN ILMU KEPADA MANUSIA DAN MENGAJAK MEREKA KEPADA KEBAIKAN

Diriwayatkan dari Abu Hurairoh Radhialloohu 'Anhu bahwasanya Rasululloh Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda,

“Barangsiapa yang mengajak kepada petunjuk, niscaya ia akan mendapat pahala sebagaimana orang yang mengikutinya tanpa dikurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa yang mengajak kepada kesesatan, niscaya ia akan mendapat dosa sebagaimana orang yang mengikutinya tanpa dikurangi dosa mereka sedikitpun”.

Shahiih, Diriwayatkan oleh Muslim (No. 2674), Ibnu Majah (No. 194), at- Tirmidzi (No. 2674), ad- Darimi (No. I/ 31), Ahmad (No. II/ 397), al- Baghawi dalam Syarhus Sunnah No. I/ 232, al- Haitsami dalam Majma’ az- Zawaaid (No. I/ 168), an- Nawawi dalam al- Adzkar (No. 278), al- Mundziri dalam at- Targhiib (No. I/ 120), dan at- Tibriizi dalam al- Misykaah (No. 158).

Dalam Wasiat ini Rasululloh Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam memerintahkan agar kita mengajarkan perkara- perkara agama kepada orang banyak dan mengajak mereka kepada kebaikan. Sebab itulah tugas para Nabi yang Alloh mengutus mereka karenanya. Itu merupakan tugas yang paling agung bagi siapa saja yang Alloh beri taufik untuk berjalan di atas jalan para Nabi dalam mengajarkan perkara agama kepada umat manusia dan membimbing mereka kepada kebaikan. Mereka telah memperoleh kebaikan yang sangat banyak disebabkan jasa mereka menyebarkan agama dan nilai- nilai kebaikan. Dan siapa saja yang menjadi penyebab kebaikan niscaya akan dilipatgandakan pahalanya. Sebagaimana juga penyebab kejahatan akan dilipatgandakan siksanya.

BERUSAHALAH WAHAI SAUDARAKU AGAR ENGKAU MENDAPAT BAGIAN DALAM MENGAJAK MANUSIA KEPADA KEBAIKAN YANG AGUNG DAN PAHALA YANG BESAR INI.

Semoga Alloh merahmati Ibnul Jauzi yang mengatakan,

“Mengapa engkau menunda- nunda amal?! Berambisi meraih angan- angan kosong? Tertipu dengan penangguhan yang diberikan? Tidak mengingat serbuan kematian? Sungguh engkau bukan dilahirkan untuk tanah, dan bukan pula dibesarkan untuk binasa, sungguh apa yang engkau kumpulkan akan hilang, dan apa yang engkau kerjakan akan dicatat dalam kitab dan disimpan untuk ditunjukkan pada hari Hisab”.

Ketahuilah, semua manusia di atas dunia ini sedang bersafar, Beramallah untuk dirimu demi menyelamatkanmu dari Api Saqor pada hari Berbangkit Kelak.

Sumber:
“58 Wasiat Nabi Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam Kepada Setiap Muslim”. Hal.53- 55. Syaikh Usamah Na’im Musthafa. Daar an- Naba’. Surakarta

Tidak ada komentar: