Rabu, 03 November 2010

MANA YANG LEBIH BAIK, KAMBING ATAUKAH SAPI..?

MANA YANG LEBIH BAIK, KAMBING ATAUKAH SAPI..? [Fataawaa al- Lajnatid Daaimah Lil Buhuutsil Ilmiyah Wal Iftaa’, 11/ 398]

Soal: Mana yang lebih baik untuk berkurban, Kambing ataukah Sapi..?
Jawab: Hewan kurban terbaik pertama adalah UNTA, kemudian kedua SAPI lalu ketiga KAMBING dan setelah itu yang keempat berserikat pada unta atau SAPI (maksudnya beberapa orang- maksimal tujuh orang- iuran untuk membeli unta atau Sapi untuk dikurbankan.Red). Berdasarkan sabda Rasululloh Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam tentang hari Jum’at:

“Barangsiapa yang berangkat (Sholat Jum’at) pada jam pertama, maka seakan- akan dia mengurbankan UNTA, barangsiapa yang berangkat pada jam kedua, maka seakan- akan dia berkurban dengan SAPI, barangsiapa berangkat pada jam ketiga, maka seakan- akan dia berkurban dengan KAMBING JANTAN, barangsiapa yang berangkat pada jam keempat, maka seakan- akan dia berkurban dengan AYAM, barangsiapa yang berangkat pada jam kelima, maka seakan- akan dia berkurban dengan TELUR”.

Dikeluarkan oleh Imam Malik dalam al- Muwattha’, 1/ 101; Imam Ahmad, 2/ 460; Imam Bukhori No. 881; Imam Muslim No. 850; Abu Dawud No. 351; Imam Tirmidzi No. 499, Imam Nasa’i 3/ 99, Kitaabul Jum’ah bab Waktil Jum’ah; Ibnu Hibban No. 2775, dan al- Baghawi dalam Syarhus Sunnah 4/ 234, no. 1063.

Sisi pendalilannya yaitu ada perbedaan nilai antara beribadah kepada Alloh Subhanahu Wa Ta’ala denganmengurbankan unta, sapi, dan kambing. Tidak diragukan lagi bahwa ibadah kurban termasuk ibadah yang agung kepada Alloh Ta’ala, penyebab lainna (kenapa UNTA lebih utama), karena unta itu lebih MAHAL, lebih BANYAK DAGING nya, dan lebih BANYAK MANFAAT nya. Inilah pendapat tiga Imam Yaitu Imam Abu Hanifah Rahimahulloh, Imam asy- Syafi’i Rahimahulloh, dan Imam Ahmad Rahimahulloh




Imam Malik Rahimahulloh mengatakan, “Hewan terbaik (untuk berkurban) adalah Kambing, kemudian Sapi lalu Unta. Karena Nabi Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam berkurban dengan dua kambing dan beliau Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam tidak melakukan sesuatu kecuali yang baik”.

Menjawab pendapat ini, kami mengatakan, “Nabi Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam terkadang tidak memilih yang terbaik. Karena RASA SAYANG beliau Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam kepada umatnya, sebab umat beliau Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam akan mengikuti perbuatan beliau Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam dan beliau Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam tidak ingin memberatkan umatnya. Juga beliau Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam sudah menjelaskan keunggulan unta dibandingkan Sapi dan Kambing sebagaimana hadits di atas. Walloohu a’lamu.

Al- Lajnatud Daaimah Lil Buhuutsil Ilmiyah Wal Iftaa’. Ketua: Syaikh Abdul Aziz bin Abdulloh bin Baaz. Wakil Ketua: Syaikh Abdurrazzaq Afifi, Anggota: Syaikh Abdulloh Ghaydan dan Syaikh Abdulloh Mani’.
Sumber: “Majalah As- Sunnah” Rubrik Soal- Jawab. Hal. 49-50. Edisi 06/thn.XIV. DzulQa’dah.1431H. Oktober 2010M.

Tidak ada komentar: