Minggu, 08 Mei 2011

Bersikap Kepada Musuh & Keutamaan Ta'ziyah

Ibnu Qayyim al- Jauziyyah Rahimahulloh mengatakan, "Aku tidak mengetahui seorang yang memiliki sifat- sifat ini selain Ibnu Taimiyyah. Semoga Alloh menyucikan arwahnya”.

Salah seorang murid senior beliau pernah mengatakan,

“Aku berharap bisa bersikap dengan para shahabatku sebagaimana Ibnu Taimiyyah bersikap dengan musuh- musuhnya. Aku tidak pernah mengetahui Ibnu Taimiyyah mendo’akan kejelekan untuk seorangpun dari musuh- musuhnya. Sebaliknya, beliau sering mendo’akan kebaikan untuk mereka”.

"Suatu hari aku menemui beliau untuk menyampaikan kabar gembira berupa meninggalnya musuh terbesar beliau sekaligus orang yang paling memusuhi dan paling suka menyakiti beliau. Mendengar berita yang kusampaikan, beliau membentakku, menyalahkan sikapku, dan mengucapkan istirja’ (Innaa Lillaahi Wa Innaa Ilaihi Rooji’uun).



"Kemudian beliau bergegas pergi menuju rumah orang tersebut. Beliau lantas menghibur keluarga yang ditinggal mati. Bahkan beliau mengatakan, “Aku adalah pengganti beliau untuk kalian. Jika kalian memerlukan suatu bantuan pasti aku akan membantu kalian”, dan ucapan semisal itu. Akhirnya mereka pun bergembira, mendo’akan kebaikan untuk Ibnu Taimiyyah, dan sangat kagum dengan sikap Ibnu Taimiyyah tersebut. Semoga Alloh menyayangi dan meridhoi Ibnu Taimiyyah”. (Madarij as- Salikin Karya Ibnu Qayyim :2/ 328- 329, Tahqiq: Ahmad ‘Amir, terbitan Darul Hadits, Kairo, Cet. Pertama 1316H). Wallohu a'lam.

Sumber: “Sembilan Faedah Tentang Adab dan Akhlak”. Ust. Aris Munandar Hafizhahulloh. Majalah Al- Furqon. Hal 27. Edisi 10/ 10/ Jumadil Ula 1432H/ April 2011.

Note Tambahan:


Keutamaan Berta’ziyah


Berta’ziyah kepada saudara yang sedang tertimpa musibah dapat mendatangkan keutamaan yang sangat banyak, antara lain dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hadits berikut ini:

1. Diberi pakaian kehormatan pada hari kiamat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Tidaklah ada seorang mukmin yang berta’ziyah kepada saudaranya tatkala tertimpa suatu musibah, melainkan Allah azza wa jalla akan memberinya pakaian dari pakaian kemulian pada hari kiamat.

[HR.Ibnu Majah, no.1601 dan dihasankan oleh Syaikh al Albani dalam Shahih Ibn Majah, no.1311, Irwa’ al Ghalil, no.764, ash Shahihah, no.195. Al-I’lam bi Akhiri Ahkam al-Albani al-Imam, hal.154 no.209]

2. Termasuk amalan yang utama


Ta’ziyah merupakan amalan yang utama. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah menjelaskannya dalam sabda beliau:

“Amalan yang paling utama adalah menyenangkan orang mukmin, memberi pakaian dia untuk menutup auratnya, mengenyangkan kelaparannya atau memenuhi kebutuhannya.”

[Shahih Targhib wa Tarhib, no.2090, hadits hasan)

3. Mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam


Hal itu karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah banyak melakukan ta’ziyah kepada orang yang sedang tertimpa musibah. Wallohu a'lam.

Sumber : Meraih Pahala Melimpah dengan Berta’ziyah. Oleh : Abu Ashim Muhtar Arifin Marzuqi, Lc. Majalah adz Dzakhiirah Vol.8 No.1, Edisi 55, Th.1430/2009, hal.46-51.

Lebih Lengkap mengenai Definisi, Hukum, Cara Ta'ziyah bisa dilihat di alamat berikut http://alqiyamah.wordpress.com/2009/11/17/meraih-pahala-melimpah-dengan-berta%E2%80%99ziyah/

Tidak ada komentar: