Senin, 10 September 2012

TUMBUH DALAM ASUHAN IBUNDA [4]


TUMBUH DALAM ASUHAN IBU
4. Ibunda al- Imam Malik bin Anas Rahimahullah (Wafat th. 179H)
.
[oleh Ustadzah Ummu ‘Abdirrahman bintu ‘Imran [Secara Ringkas- Edt]

Ibunda seorang imam besar yang mendapat gelar Imam Daarul Hijrah (Madinah). Seorang imam yang dikenal dengan kefakihannya dan kebagusan penampilannya saat hadir di majelis ilmu.

Setiap kali hendak keluar di hadapan murid- muridnya untuk menyampaikan hadits, Imam Malik terlebih dahulu berwudhu seperti berwudhu untuk SHalat. Lalu beliau mengenakan pakaiannya yang terbagus, mengenakan qalansuwah (kopiyah), menyisisr jenggotnya, serta memakai wangi- wangian. “Dengan ini semua, aku memuliakan hadits Rasulullah Shallallaahu 'alaihi Wa Sallam”. Demikian kata beliau.

Siapakah gerangan yang turut berperan dalam membentuk pribadi al- Imam Malik Rahimahullah yang sedemikian bagusnya?

Imam Malik menceritakan kisah di masa kecilnya,

“Aku pernah berpemitan kepada ibuku, “Ibu, aku hendak pergi belajar” Ibuku menahanku,

“Kemarilah dahulu! Kenakan pakaian Ilmu!” lantas ibuku memakaikanku mismarah, memasangkan kopiah di kepalaku, dan melilitkan serban di atasnya. Barulah ibuku mengatakan, “Nah, Sekarang berangkatlah dan belajarlah”.

Ibunya pula yang senantiasa memberikan nasihat kepadanya. Pernah sang ibu menasehatkan, “Pergilah ke Majelis Rabi’ah (guru Imam Malik), pelajarilah adab nya sebelum kau pelajari ilmunya!”. (Tahdzibul Kamal, Biografi Malik bin Anas, Waratsatul Anbiya’ Hal. 39).

Tidak ada komentar: