Minggu, 07 April 2013

Ikhlas Hanya mengharapkan Ridho Ilahi Robbi

Cerita Singkat Penuh Makna :) [Tentang IKHLAS hanya kepada ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala] Cerita singkat yg penuh makna.. :) ﺍﺗﺼﻠﺖ ﻓﺘﺎﺓ ﺗﺮﻭﻱ ﻷﺣﺪ ﺍﻟﺸﻴﻮﺥ ﻋﻦﻣﺸﻜﻠﺘﻬﺎ Seorang gadis menelpon kpd salah seorang syaikh utk menceritakan masalahnya..
ﻗﺎﻟﺖ ﻟﻪ :ﺃﻧﺎ ﺃﺣﺐ ﺇﺑﻦ ﻋﻤﻲ ﺟﺪﺍ ﻭﻣﻜﺜﺖ ﺃﺭﺑﻊﺳﻨﻮﺍﺕ ﺃﺻﻮﻡ ﻭﺃﺻﻠﻲ ﻭﺃﺟﺘﻬﺪ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓﻭﺃﺩﻋﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﺻﻼﺗﻲ ﺃﻥ ﻳﺄﺗﻲ ﻟﺨﻄﺒﺘﻲﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﺳﻤﻌﺖ ﻣﻦ ﺃﺑﻲ ﺃﻧﻪ ﻗﺪ ﺧﻄﺐﻏﻴﺮﻱ ﻓﺘﺮﻛﺖ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺼﻴﺎﻡ ﻭﻛﺮﻫﺖ ﺣﺎﻟﻲﻭﻭﺿﻌﻲ ﻭﺍﻟﻨﺎﺱ ﻣﻦ ﺣﻮﻟﻲﻭﺃﺭﻳﺪﻙ ﻳﺎ ﺷﻴﺦ ﺃﻥ ﺗﻘﻮﻝ ﻟﻲ ﺣﻼ ﺃﻏﻴﺮ ﺑﻪﻧﻔﺴﻲ
Ia berkata: Aku mencintai sepupuku, aku menunggunya selama 4 tahun, aku berpuasa, sholat, dan bersungguh-sungguh dalam beribadah..aku selalu berdo'a kpd Allah agar ia datang untuk melamarku... Hingga suatu saat aku mendengar berita dari ayahku bahwasannya sepupuku telah melamar orang lain... Maka aku pun meninggalkan sholat, puasa, aku benci keadaanku dan orang-orang di sekitarku... Aku ingin agar anda menasehatiku dgn suatu hal yg dengannya aku bisa merubah diriku ini...
ﻓﺮﺩ ﻋﻠﻴﻬﺄ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺭﺩﺍ ﺻﻐﻴﺮﺍ ﻟﻜﻨﻪ ﻗﻮﻱﺍﻟﻤﻌﺎﻧﻲ Syaikh menjawabnya dgn jawaban yg sederhana namun sangat kuat maknanya...
ﻗﺎﻝ ﻟﻬﺎ ﺍﻟﺸﻴﺦ :ﺇﻓﺘﺤﻲ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻋﻠﻰ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺤﺞ ﺳﺘﺠﺪﻳﻦﺣﻼ ﻟﻤﺸﻜﻠﺘﻚﺍﻵﻳﺔ ﺗﻘﻮﻝ "ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻣﻦ ﻳﻌﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪﻋﻠﻰ ﺣﺮﻑ ﻓﺈﻥ ﺃﺻﺎﺑﻪ ﺧﻴﺮ ﺇﻃﻤﺄﻥ ﺑﻪ ﻭﺇﻥﺃﺻﺎﺑﺘﻪ ﻓﺘﻨﺔ ﺇﻧﻘﻠﺐ ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻬﻪ ﺧﺴﺮ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎﻭﺍﻵﺧﺮﺓ ﺫﻟﻚ ﻫﻮ ﺍﻟﺨﺴﺮﺍﻥ ﺍﻟﻤﺒﻴﻦ "ﺻﺪﻕ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ
Syaikh berkata kepadanya:
Bukalah qur'anmu di surat al-Hajj, kamu akan menemukan ayat yg membahas ttg perkaramu ini, ayat itu berbunyi: "Dan diantara manusia ada yg menyembah Allah dgn berada di tepian (tidak dlm keadaan yakin dan ikhlas), maka JIKA IA MEMPEROLEH KEBAJIKAN akan tetaplah ia dalam keadaan tsb, dan JIKA IA DITIMPA OLEH SUATU BENCANA, berbaliklah ia ke belakang (kembali kafir lg), RUGILAH IA DI DUNIA DAN DI AKHIRAT.. Yg demikian adalah kerugian yg amat nyata...
Kuncinya adalah dalam kata "al-Harf" td, apakah slama ini kita menyembah Allah dlm keraguan ataukah ikhlas untuk-Nya..??? Jka kita beribadah hanya karena ingin Allah mengabulkan keinginan kita, maka akan lunturlah semangat ibadah ktika menerima keputusan Allah yg di luar harapan kita, namun jka kita beribadah dgn penuh keikhlasan kpada-Nya, maka akan ridho'lah hati ini dgn sgala keputusan yang telah ditentukan oleh-Nya... :) Smoga bsa menjadi bahan pembenahan diri bagi kita semua...
~Muhammad Faizar~ Minyyah Samanud,ad-Daqahliyyah, Mesir,30 Maret 2013

Tidak ada komentar: